A. WWW (World Wide Web)
World wide web merupakan kumpulan dokumen multimedia yang saling terkoneksi menggunakan link hypertext. Hyperlink merupakan sebuah link yang digunakan untuk melakukan perpindahan antar dokumen. Web memudahkan kita mengakses berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, video, suara, dan juga animasi.
B. E-Mail
Electronic-mail adalah surat atau pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer. Dengan e-mail, pesan yang dikirimkan akan sampai kepada penerima saat itu juga. Dibandingkan dengan pengiriman surat melalui jasa pengiriman, e-mail telah memangkas waktu dan pesan yang disampaikan juga up-to-date. E-mail saat ini sudah bisa disertai dengan grafik, gambar foto, suara, animasi, dan bahkan bisa mengirim ke beberapa alamat sekaligus.
C. Search Engine
Jika diartikan secara sederhana, maka dapat dikatakan bahwa search engine (mesin pencari) adalah sebuah pemrograman yang dibikin untuk membantu orang dalam mencari serta menemukan sebuah informasi dengan mengetikkan suatu kata kunci (keyword).
D. Browser
Jika diartikan secara sederhana adalah sebuah perangkat lunak yang berguna untuk menampilkan berbagai dokumen dan yang tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server. Atau bisa juga diartikan bahwa browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi di internet. Sebuah sumber informasi diidentifikasi dengan Pengidentifikasi Sumber Seragam (Bahasa Inggris: Uniform Resource Identifier (URI)) yang dapat berupa halaman web, gambar, video, atau jenis konten lainnya. Apabila anda ingin mengetahui pengertian browser menurut beberapa ahli berikut adalah diantaranya :
1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.
2. Smitdev Community mengartikan browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas untuk menampilkan halaman website.
3. Gustav Pahala Frans mengartikan browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
4. Rachmad Hakim S mengartikan browser sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet. Fungsi dari web browser (penjelajah web) ini adalah untuk menampilkan halaman web atau melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.
E. Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Beberapa aturan yang ada pada Netiquete ini adalah:
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti,
mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang
anti virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah
mengupload data pribadi
3. Menghargai pengguna lain di internet, caranya sederhana, yaitu :
a. jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan,
misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari
Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
1c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba
mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai
kegiatan teriak‐teriak pada komunitas sesungguhnya.
Aturan Inti Netiquette :
1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e‐mail atau
posting adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka.
Diharapkan untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi
bersikaplah saling membangun.
Jangan pernah mengetik isi pesan dengan menggunakan huruf besar
semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di
forum, atau di dalam sebuah e‐mail. Dengan menulis pesan menggunakan
huruf besar semua, sama artinya sedang berteriak
Jangan pernah mengirim e‐mail atau mengirim posting apapun yang tidak
layak untuk disampaikan ke orang lain.
Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika
seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negatif
mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang
melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika
orang tersebut sedang melakukan flaming.
2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan
buru‐buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet
datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan
terhadap sesuatu.
3. Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua
orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, diharapka selalu bersikap terbuka
dan jika dibutuhkan, bersikap kritis tapi tetap konstruktif (membangun),
dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika berada di suatu wilayah topik
pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru‐buru langsung
mengirim komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari apa yang
sedang terjadi atau sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat
berpotensi menyebabkan flaming.
4. Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Posting dikirimkan group yang sesuai. Jika tidak dapat menemukan group
yang sesuai dengan itu dan merasa bahwa posting itu harus dikirim,
yakinkan bahwa Subject dari posting sesuai dengan isi posting, sehingga
orang lain tahu bahwa posting tidak mengganggu topik diskusi saat itu.
F. Netiquette
Aslinya dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum internet lahir, kata netiquette tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog. Di dalam internet tidak ada aturan tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di dalamnya.Beberapa aturan yang ada pada Netiquete ini adalah:
1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti,
mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer, dengan memasang
anti virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga dengan mudah
mengupload data pribadi
3. Menghargai pengguna lain di internet, caranya sederhana, yaitu :
a. jangan membiasakan menggunakan informasi secara sembarangan,
misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari
Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
1c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba
mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai
kegiatan teriak‐teriak pada komunitas sesungguhnya.
Aturan Inti Netiquette :
1. Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang yang sedang membaca e‐mail atau
posting adalah manusia dengan perasaan yang bisa saja terluka.
Diharapkan untuk tidak mengirim komentar yang bernada menyerang tapi
bersikaplah saling membangun.
Jangan pernah mengetik isi pesan dengan menggunakan huruf besar
semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan ke suatu posting di
forum, atau di dalam sebuah e‐mail. Dengan menulis pesan menggunakan
huruf besar semua, sama artinya sedang berteriak
Jangan pernah mengirim e‐mail atau mengirim posting apapun yang tidak
layak untuk disampaikan ke orang lain.
Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika
seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negatif
mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang
melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika
orang tersebut sedang melakukan flaming.
2. Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan
buru‐buru menyimpulkan sesuatu. Orang yang sedang berada di Internet
datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki perbedaan pandangan
terhadap sesuatu.
3. Ingatlah di mana berada ketika sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua
orang mengikuti aturan yang sama. Jadi, diharapka selalu bersikap terbuka
dan jika dibutuhkan, bersikap kritis tapi tetap konstruktif (membangun),
dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika berada di suatu wilayah topik
pembicaraan pada forum atau chating, jangan buru‐buru langsung
mengirim komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari apa yang
sedang terjadi atau sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat
berpotensi menyebabkan flaming.
4. Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.
Posting dikirimkan group yang sesuai. Jika tidak dapat menemukan group
yang sesuai dengan itu dan merasa bahwa posting itu harus dikirim,
yakinkan bahwa Subject dari posting sesuai dengan isi posting, sehingga
orang lain tahu bahwa posting tidak mengganggu topik diskusi saat itu.
G. Komunitas-Komunitas Online
Sumber:
-http://rizkacil.wordpress.com/2012/10/22/komunitas-online-polarisasi-kelompok-kelompok-kerja-virtual/
-http://nurhadiw.files.wordpress.com/2010/08/netiket.pdf
-http://chandraaa-sarah.blogspot.com/2011/10/pengertian-netiquette-dan-contoh.html
-http://sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html
-http://www.updatekeren.com/2012/12/pengertian-browser.html
-http://www.updatekeren.com/2012/12/pengertian-search-engine.html
-http://www.termasmedia.com/65-pengertian/71-pengertian-internet.html