Minggu, 05 Oktober 2014

#Pinternet: Hal-Hal yang Berkaitan dengan Koneksi Internet

A. Perangkat Keras dan Lunak yang Dibutuhkan untuk Instalasi Koneksi Internet

Tanpa perangkat-perangkat yang mendukung, kita tidak dapat mengakses internet, karena Internet merupakan jaringan yang tak berwujud yang hanya dapat di akses oleh perangkat-perangkat tertentu. Berikut beberapa perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan untuk instalasi koneksi internet:

1. Komputer
komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet, antara lain:
- processor: otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi dalam komputer.
- RAM (Random Access Memory): berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.
- Harddisk: digunakan untuk media penyimpanan data secarmagnetik. Harddisk minimal 10GB.
- VGA Card: media penyimpanan data secara magnetik.
-monitor: perangkat output

2. Modem
berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog.

3. Line Telepon
diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet

4. Hub
digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer

5. Router
untuk menghubungkan dua buah LAN yang tipenya sama dan bisa juga menghubungkan dua buah LAN yang tipenya berbeda

6. Repeater
berguna untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.

Software

1. Sistem Operasi
Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.

2. Web Browser
Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.

3. Mesin Pencari (Search Engine)
Search engine adalah istilah atau penyebutan bagi website yang berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user pencari konten, konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri.

4. E-Mail Client
berfungsi untuk mengelola e-mail (electronic mail)

5. Instant Messaging Client
Sarana berkomunikasi langsung atau mengobrol melalui keyboard. Obrolan diketik, lalu dikirim ke lawan bicara. Biasanya dikenal dengan istilah chatting.

6. Software Utility
Perangkat lunak untuk perlindungan komputer serta plug in  pada komputer.


B. ISP (Internet Service Provider)

pengertian ISP:
Internet Service Provider (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah sebuah perusahaan atau sebuah organisasi yang menyediakan jasa layanan koneksi akses internet untuk perseorangan, perkantoran, kampus, sekolah, dan lain - lain.

Fungsi ISP:


  • Sebagai media yang memberikan jasa untuk berhubungan dengan internet



  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.


  • Menyediakan modem untuk dial-up.


  • Menghubungkan seorang user ke layanan informasi World Wide Web (www).


  • Memungkinkan seorang user menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).


  • Memungkinkan seorang user melakukan percakapan suara via internet.


  • Memberi tempat untuk homepage.



  • Melakukan proteksi dari penyebaran virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk pelanggannya.

  • Prosedur berlangganan ISP:
    Pelanggan harus mengikuti aturan berlangganan yang diterapkan oleh ISP tersebut.Biasanya masing-masing ISP memiliki aturan tersendiri, namun pada umumnya perusahaan penyedia layanan tersebut memberi larangan untuk penggunaan internet yang melawan hukum, pornografi, konten kekerasan, dan sangat tergantung peraturan perundangan konten multimedia internet, dalam hal ini sangat dipatuhi oleh pihak Internet Service Provider.


    C. Jenis-Jenis Koneksi Internet

    1. Dial Up
    Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat melakukan dial up, yaitu menghubungi server milik ISP untuk memperoleh akses internet. Koneksi dial-up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah (PSTN), tetapi juga bisa menggunakan telepon genggam berteknologi CDMA. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke ISP. Setelah terhubung, komputer akan memperoleh akses internet dari ISP tersebut. Untuk mengakhiri koneksi internet, dilakukan dengan memutuskan hubungan telepon. Pelanggan akan dibebani biaya pulsa telepon plus layanan ISP yang jumlahnya bervariasi tergantung lamanya koneksi.

    2. Broadband
    Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider dan internet bisa di akses 24 jam online (no limit) tanpa batas. (fix rate bulanan) ditentukan oleh kecepatan yang diambil. Kecepatan mulai dari 384kb – 3mb saat ini. Namun hanya daerah yang dilewati kabel tv yang bisa menggunakan koneksi ini.

    3. ADSL
    ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).

    4. Satelite VSAT
    Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung (parabola khusus) untuk menangkap sinyal satelit. Kecepatan dari 64 hingga 2mb (erlaku hanya di Indonesia) internasional lebih dari 2mb. Biaya fix rate bulanan by speed for unlimited use. Lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

    5. Wifi/Hotspot

    6. Cable Modem
    Cable Modem merupakan modem yang menyediakan dua arah komunikasi sata melalui frekuensi radio (RF) pada infrastruktur saluran CATV (Cable TV). Kabel modem ini terutama digunakan untuk memberikan akses internet broadband dalam bentuk internet cable dengan mengambil bandwidth yang tinggi dari jaringan televisi kabel.


    Sumber:
    -http://mia-esta.blogspot.com/2012/03/petangkat-keras-dan-perangkat-lunak.html
    -http://farizazharabdillah.blogspot.com/2011/08/hardware-yang-digunakan-untuk-mengakses.html
    -http://lutfifadila.blogspot.com/2012/05/pengertian-dan-fungsi-isp-web-modem-dan.html
    -http://www.jaringankomputer.org/internet-service-provider-isp/
    -http://ekysite.blogspot.com/2012/12/jenis-jenis-koneksi-internet.html
    -http://stikomaren.wordpress.com/jenis-jenis-koneksi-internet/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar